Xiaomi Mi 10T Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaXiaomi Mi 10T Pro meramaikan pasar ponsel flagship di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Didaulat sebagai ponsel flagship entertainment, Mi 10T Pro ini menawarkan spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan saudaranya Xiaomi Mi 10T.

Meski sudah dirilis akhir tahun 2020 kemarin, ponsel ini masih banyak yang melirik. Banyak pengguna yang masih mencari ponsel ini meski hanya bisa didapatkan dalam kondisi second.

Nah seperti apa spesifikasi dan performa Xiaomi Mi 10T Pro ini? Apakah benar ponsel ini mengutamakan sisi entertainment-nya? Yuk kita coba membahas lebih jauh mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro.

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T Pro

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisOktober 2020
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.67 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate144Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi165.1 x 76.4 x 9.3 mm
Berat218 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), glass back (Gorilla Glass 5), aluminum frame
Pilihan WarnaCosmic Black, Lunar Silver, Aurora Blue
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 865
CPUOcta-core (1x2.84 GHz Cortex-A77 & 3x2.42 GHz Cortex-A77 & 4x1.80 GHz Cortex-A55)
GPUAdreno 650
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi108 MP + 13 MP + 5 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps; gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi20 MP
FiturHDR
Video[email protected], [email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 10, upgradable to Android 11
InterfaceMIUI 12.5
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 33W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.1, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Dengan tagline Sophisticated Design, Mi 10T Pro ini menawarkan desain ponsel yang mewah dan elegan. Pada bagian punggungnya, terbuat dari kombinasi bahan aluminium frame dan kaca dari bahan Gorilla Glass.

Tampilan ponsel terlihat berkilau yang bisa dipadukan dengan clear case bawaan yang bisa didapatkan pada paket penjualan. Dengan bobot 218 gram dan ketebalan 9.3 mm, ponsel ini tidak bisa dikatakan ringan dan ramping.

Di lini layar, Mi 10T Pro membawa layar IPS LCD 6.67 DotDisplay dengan resolusi FHD+. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate hingga 144 Hz. Untuk ketahanan layar, ponsel ini juga dibekali dengan pelindung dari Corning Gorilla Glass 5.

Di sektor performa, Mi 10T Pro ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 865 berpadu dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Ponsel ini berjalan mengunakan antar muka MIUI 12 berbasis Android 10.

Mi 10T Pro mengusung 3 kombinasi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultra wide 13 MP dan kamera makro 5 MP. Sementara kamera depan menggunakan lensa berukuran 20 MP.

Dibandingkan dengan Mi 10, ponsel ini menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 5.000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat 33W.

Untuk opsi warna  Xiaomi Mi 10T Pro ini hadir dengan pilihan warna Luna Silver dan Cosmic Black.

Harga Xiaomi Mi 10T Pro

Pada saat peluncuran perdana, Xiaomi hanya memperkenalkan satu varian Mi 10T Pro yang dibanderol dengan harga Rp. 5.999.000 untuk versi 8/258 GB.

Namun untuk saat ini, kamu bisa mendapatkan ponsel flagship besutan Xiaomi ini dengan harga di kisaran 4-5 jutaan saja.

Kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro

1. Performa kencang di kelas harganya

Mi 10T Pro dipersenjatai dengan chipset handal Snapdragon 865 dengan konfigurasi Octa Core CPU dan dipadukan dengan kartu grafis GPU Adreno 650. Prosesor ini menawarkan performa yang tinggi untuk kebutuhan hiburan maupun produktivitas harian.

Chipset tersebut dipadakan dengan opsi RAM 8 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1. Perpaduan dapur pacu tersebut menghadirkan performa yang kencang dan siap digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

Untuk pengujian gaming PUBG Mobile,  Mi 10T Pro ini menawarkan kemampuan terbaik dengan frame rate stabil di angka 60 fps di pengaturan HDR Extreme.

Namun frame rate tersebut akan turun jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Kami menyarankan untuk menggunakan cooler untuk menjaga suhu agar tetap stabil.

Untuk memainkan game Genshin Impact, kamu bisa menggunakan pengaturan highest dengan rata-rata frame rate 50-60 fps. Ponsel ini juga menawarkan frame rate 144 fps untuk memainkan game Real Racing 3, Minecraft, dan Dead Trigger 2.

2. Layar mendukung refresh rate hingga 144 Hz

Mi 10T Pro menawarkan layar IPS 6.67 inci dengan resolusi FHD+. Yang menarik, layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 144 Hz. Ya, refresh rate tersebut merupakan tingkat yang paling tinggi di kelas harganya.

Untuk optimalisasi daya agar lebih irit, ponsel ini menawarkan tiga pilihan refresh rate 60, 90, atau 144 Hz.  Kamu juga bisa memilih pengaturan otomatis dengan fitur AdapativeSync. Fitur tersebut memungkinkan kecepatan layar berjalan otomatis sesuai dengan kebutuhannya.

Tingkat kecerahannya mencapai 650 nits yang bekerja sangat baik meski berada di bawah terik sinar matahari. Ponsel ini juga mengantongi sertifikat TUV Rheinland low blue light , HDR 10 serta proteksi layar dari Gorilla Glass 5.

 3. Kamera dengan sensor besar

Mi 10T Pro ini menawarkan kamera utama 108 MP yang dibekali dengan sensor Samsung Bright S5K HMX, fitur OIS, serta mendukung perekaman video hingga [email protected] Kamera tersebut menawarkan hasil yang detail dan jernih termasuk dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

Kamera utama juga menawarkan fitur 6X zoom, long exposure modes, time-lapse selfie dan fitur keren lainnnya. Kedua kamera tambahan, kamera ultra wide 13 MP dan kamera makro 5 MP juga menawarkan kualitas gambar terbaik. Kamera ultra wide, bahkan, mendukung perekaman hingga [email protected] dengan 2X zoom.

Untuk kamera depan, ponsel ini mengusung lensa 20 MP yang menawarkan hasil yang memuaskan. Cocok sekali digunakan untuk foto selfie maupun video selfie dengan kualitas terbaik.

Fitur yang juga menarik adalah dual video yang mana menawarkan kamera belakang dan kamera depan bisa digunakan secara bersamaan. Ini sangat cocok buat kamu yang membuat video vlog.

4. Baterai awet dan pengisian daya cukup cepat

Mi 10T Pro ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Untuk memutar video playback, daya baterai bisa bertahan hingga hampir 24 jam. Untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit dengan menggunakan WiFi, daya hanya berkurang 13%.

Bagaimana dengan pengisian dayanya? Fitur fast charging 33W bekerja cukup baik yang mana untuk charging full dari 0% hanya membutuhkan waktu 1 jam 7 menit saja.

5. Fitur pendukung lengkap

Mi 10T Pro mempunyai kelengkapan sensor yang cukup lengkap termasuk Gyro, Magnetic, Proximity, Ambience Light, and Accelerometer. Selain itu, konektivitas ponsel ini juga cukup menarik mulai dari mendukung jaringan 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.1, NFC, dan IR Blaster.  

Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

1. Belum tersedia wireless charging

Xiaomi Mi 10T Pro ini sayangnya belum memberikan fitur pengisian daya tanpa kabel. Fitur tersebut sekarang menjadi kekhasan bagi ponsel-ponsel kelas atas.

Dengan harganya yang ditawarkan, Xiaomi seharusnya membenamkan fitur tersebut untuk menambah opsi pengisian daya yang lebih mudah dan simpel.

2. Bobot ponsel tergolong berat dan besar

Ponsel ini mempunyai bobot 218 gram yang tergolong cukup berat. Namun sebenarnya ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan mengingat genggaman pengguna bisa berbeda-beda.

Bagi sebagian orang menganggap berat tersebut cukup mantap, namun sebagian lainnya itu cukup menyusahkan jika dibawa kemana-mana.

3. Tidak ada jack audio 3.5 mm

Mi 10T Pro ini juga tidak membawa colokan jack 3.5 mm sebagai gantinya kamu harus menggunakan converter untuk dicolokkan di port USB Type-C. Bagi kebanyakan pengguna, ketidakhadiran jack audio ini tentu cukup merepotkan.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.