Bagi kamu yang sedang merintis menjadi content creator di TikTok, wajib nih paham mengenai FYP dan jam terbaik untuk upload video agar masuk FYP.
Ya, ketika video kamu berhasil masuk ke halaman FYP, konten kamu berpotensi untuk viral, mendapatkan atensi dari pengguna TikTok lainnya. Tentunya bisa berdampak baik pada bisnis atau personal kamu.
Apa itu FYP?
Sederhananya, FYP adalah singkatan dari For You Page. Pada halaman FYP, akan ada beragam konten yang sesuai dengan minat dari pengguna TikTok. Video yang ada pada halaman FYP ini ditampilkan secara acak, alhasil halaman FYP seseorang bisa menampilkan video dari sebuah akun meskipun tidak ia mengikuti akun tersebut tersebut.
Karena alasan itulah membuat banyak orang mencari cara agar video unggahannya bisa masuk ke halama FYP. Tujuannya tentu agar video unggahannya ditonton oleh banyak orang, dan tentunya berpotensi meningkatkan jumlah followers yang dimilikinya.
Cara FYP TikTok
Pada dasarnya, konsep dasar dari FYP adalah menampilkan video-video yang tengah populer. Oleh sebab itu, salah satu strategi untuk masuk ke FYP adalah dengan cara menggunggah konten yang menarik perhatian untuk di tonton.
Selain mengunggah video yang menarik untuk di tonton, penting juga untuk meng-upload konten pada saat jam prime time audience kamu. Prime time merupakan waktu dimana audience kamu sedang aktif menggunakan TikTok, misalnya saat istirahat makan siang (pukul 11.00 s.d 13.00) dan setelah pulang kerja (pukul 19.00 s.d 21.00).
Cara paling akurat untuk mengetahui prime time dari audience adalah mengamati data melalui Analytics TikTok Pro mengenai data dari audience kamu. Setelah mendapatkan data ini, tinggal kamu ikuti untuk mengunggah sesuai jadwal tersebut.
Namun, bagi kamu yang belum memiliki audience cukup besar, secara umum jadwal berikut ini bisa kamu ikuti agar konten kamu bisa masuk FYP berdasarkan pengamatan terhadap kebiasaan menggunakan media sosial dan gadget.
Jadwal FYP TikTok
Hari Senin
Pada hari Senin biasanya masyarakat lebih sibuk dari hari-hari biasanya, seperti melaporkan performa pada minggu lalu, menyusun rencana untuk 5 hari ke depan, dan kegiatan penting lainnya.
Umumnya jadwal padat ini membuat masyarakat tidak memiliki waktu luang guna menggunakan sosial media mereka. Kesempatan untuk membuka sosial media adalah saat makan siang.
Oleh karena itu, disarankan pula bagi kamu sebagai pemilik bisnis atau content creator upload konten pada rentang waktu ini 12.00 s.d 13.00.
Hari Selasa
Beralih ke hari Selasa, masyarakat umumnya mulai mengerjakan to do list yang telah dibuat pada hari Senin.
Di hari Selasa, biasanya waktu yang digunakan masyarakat lebih fokus terhadap pekerjaan, memulai pekerjaan atau project-project baru. Oleh karena itu, membutuhkan fokus yang lebih tinggi sehingga waktu membuka sosial media juga relatif kurang.
Maka idealnya, upload saat masyarakat sudah istirahat dan pulang kerja. Jadwalnya ada pada pukul 16.00. Selain itu, saat menjelang tidur juga merupakan waktu yang ideal untuk menjangkau audience yang sedang memainkan gadget mereka.
Hari Rabu
Pada hari Rabu, umumnya masyarakat mulai mencari pelepas penat dan hiburan di siang hari serta malam hari.
Bisa saja, mulai stres atau bingung terhadap pekerjaan yang masuk pada tahap kesulitan lebih tinggi. Maka, mulailah membuka sosial media untuk mencairkan suasana dan menyegarkan pikiran.
Sementara itu, pada malam hari masyarakat juga mulai aktif untuk bermain media sosial. Nah, pada hari Rabu ini kamu bisa upload pada pukul 11.00 dan 20.00 s.d 21.00.
Hari Kamis
Jadwal upload untuk hari Kamis lebih fleksibel dan cukup banyak waktu prime time yang dapat kamu maksimalkan.
Hal ini disebabkan oleh aktivitas atau to do list dari masyarakat yang mulai berkurang atau prioritasnya yang lebih rendah. Oleh karena itu, masyarakat mulai aktif menggunakan sosial media.
Beberapa waktu untuk upload konten, di antaranya pukul 12.00 s.d 13.00, 15.00 s.d 16.00, dan 19.00 s.d 21.00.
Dari waktu ini diketahui bahwa terdapat 3 rentang prima time. Kamu bisa mengunggah sekitar 1 hingga 3 konten untuk hari yang sama. Jadi, dengan ini kedepannya juga akan bermanfaat untuk mendapatkan data yang lebih akurat untuk menemukan waktu prime time yang pas pada niche konten kamu.
Hari Jumat
Untuk hari Jumat, terdapat 2 waktu prime time yang dapat kamu maksimalkan, yakni saat istirahat sholat jumat dan waktu setelah pulang kerja.
Bila target audience kamu adalah perempuan, jadwal upload sekitar pukul 11.00 hingga 13.00 merupakan waktu yang ideal. Sebab, biasanya perempuan pada saat ini istirahat sambil memainkan gadget mereka.
Cukup berbeda dengan audience laki-laki yang berkurang, sebab mayoritas di Indonesia adalah muslim maka mereka akan melaksanakan sholat Jumat. Jadi, bila target audience kamu adalah laki-laki, upload saja pada waktu setelah pulang kerja.
Lalu, untuk sesi berikutnya adalah setelah maghrib hingga menjelang tengah malam. Mengingat Sabtu bagi sebagian masyarakat merupakan hari libur, maka pengguna aktif media sosial pada rentang waktu ini juga meningkat.
Jadi, di hari Jumat kamu bisa upload pada 11.00 s.d 13.00 dan 19.00 s.d 22.00.
Hari Sabtu
Yaps, ini bagian sebagian masyarakat di Indonesia merupakan hari libur.
Ada yang beberes rumah atau ada pula yang menikmati hari dengan scrolling di sosial media. Maka, kamu sebagai pemilik bisnis atau content creator juga harus memaksimalkan hari ini.
Pertama, waktu 09.00 sebagai waktu istirahat, misalnya setelah beberes rumah. Lalu, waktu di siang hari 11.00 menjelang dzuhur.
Terakhir, tentunya saat malam minggu menghabiskan waktu untuk lepas penat dan hiburan. Upload pada jadwal 19.00 hingga 21.00.
Hari Minggu
Waktu pada hari minggu kamu memiliki jadwal upload yang lebih banyak, sebab pada hari ini masyarakat libur.
Aktivitas penggunaan HP pada hari ini juga meningkat sehingga potensi untuk mendapatkan viewers lebih juga semakin meningkat.
Kamu bisa upload mulai dari pagi, siang, sore, dan malam hari. Nah, khusus untuk malam hari maksimal sekitar pukul 21.00 sebab masyarakat biasanya mulai beristirahat untuk kerja di hari esok.
Semoga jadwal FYP di atas dapat membantu konten kamu agar FYP di TikTok, ya!