Daftar HP Snapdragon 8 Gen 1 Terbaru 2023 di Indonesia

Publica — Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset terbaru dari Qualcomm yang hadir untuk ponsel kelas high-end. Chipset yang berukuran 4 nm diklaim memiliki kecepatan yang cukup kencang, yakni hingga 3 GHz.

Tercatat, beberapa brand smartphone ternama di dunia saat ini sudah mulai memproduksi ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini. Sebut saja misal OPPO, realme, vivo, dan juga Xiaomi.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana membeli ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini, berikut kami sajikan 9 HP Snapdragon 8 Gen 1 yang resmi beredar di Indonesia.

1. Vivo X80 Pro

Vivo X80 Pro mampu bertengger dan bersaing dengan jajaran HP kamera terbaik saat ini. Lihat saja bagian belakang bodinya, Vivo sangat memperlihatkan bagian kameranya yang dibungkus ruang kotak cukup besar bernama Ceramic Cloud Window.

Masih bekerja sama dengan ZEISS, Vivo juga menyematkan chip pencitraan Vivo V1+ di kamera utama yang mampu hasilkan foto yang tegas meski di kondisi gelap sekalipun.

Bahkan, hadirnya fitur ZEISS Natural Color ternyata sangat diminati oleh para penghobi foto yang lebih cenderung menyukai warna yang natural dibanding dengan warna yang prosesingnya terlalu tinggi.

Bahkan kerjasama dengan produsen optik kamera tersebut juga memberikan fitur lain yang bisa membuat hasil foto terlihat lebih sinematik dan dramatis. Efek blur yang dihasilkan pada bagian latar belakang foto terlihat rapi dan tidak terkesan melebih-lebihkan.

Dengan keunggulan di sektor kameranya tersebut, HP flagship terbaik keluaran Vivo saat ini cocok bagi kamu yang memang sedang mencari HP dengan kamera terbaik.

2. Samsung Galaxy S22

Brand Samsung juga turut menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm di keluarga Galaxy S22. Dari segi performa, Samsung Galaxy S22 tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Smartphone ini didesain dengan ukuran yang mini dan memang ditargetkan untuk para wanita dan orang yang suka dengan gadget berukuran kecil. Dimensi layarnya hanya 6.1 inci saja.

Meski kecil, layarnya sudah dilengkapi dengan refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan 1300 nits, dan IP68.

Seperti yang sudah kamu ketahui, HP keluaran dari Samsung memang terkenal dengan performa dan kualitas kameranya yang menawan.

Pada bagian kamera, Samsung S22 ini dibekali dengan 50MP Wide-angle sebagai kamera utama, 12MP Ultra Wide Camera, dan 10MP Telephoto yang mampu Zoom hingga 30x.

Jika kamu sedang mencari HP yang berukuran kompak tapi memiliki spesifikasi tinggi dan kamera yang mumpuni, maka Samsung Galaxy S22 adalah pilihannya. Apalagi brand ini sudah dikenal dengan durability yang cukup baik. Jadi bisa dikatakan pilihan yang aman untuk kamu yang masih merasa ragu akan ketahanan dari merk HP lain.

3. Samsung Galaxy S22+

Samsung Galaxy S22 Plus adalah varian yang lebih tinggi dibanding dengan saudaranya. Dengan selisih harga sekitar 3 jutaan, apa perbedaan paling menonjol yang akan kamu dapatkan dari Samsung Galaxy S22+ ini.

Untuk layarnya, Samsung Galaxy S22+ berukuran lebih besar, yaitu 6.6 inci dengan tingkat kecerahan lebih tinggi juga, yaitu 1750 nits.

Untuk segi kameranya, HP flagship Samsung yang dibekali dengan baterai 4500mAh Super Fast Charging 45W ini memiliki kesamaan dengan Samsung Galaxy S22.

Jadi, buat kamu yang menginginkan layar yang lebih lebar, kapasitas baterai lebih besar, dan dukungan pengisian daya baterai cepat yang lebih baik, kamu bisa memilih Samsung Galaxy S22+ ini.

4. Samsung Galaxy S22 Ultra

Meski sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, tapi dari segi komponen lain Samsung Galaxy S22 Ultra jauh mengungguli kedua saudaranya.

Komponen yang paling mencolok ada dibagian kamera utamanya yang 2x lebih tinggi, yaitu 108MP. Belum lagi hadirnya 2 kamera telefoto yang mampu membuat HP Flagship terbaik Samsung saat ini mampu melakukan Zoom hingga 100x.

Dengan spesifikasi kameranya tersebut, kualitas gambar dan videonya tentu sangat wajar untuk masuk ke jajaran HP flagship dengan kamera terbaik.

Samsung Galaxy S22 Ultra juga sering sekali dibanding-bandingkan dengan iPhone 13 Pro Max, khususnya untuk segi kamera.

Menariknya lagi, seri tertinggi di keluarga Samsung Galaxy S22 ini sudah dibekali dengan S Pen yang dapat membantu pengguna lebih mudah mengoperasikan HPnya.

Dengan harga 19 jutaan, target pasar Samsung Galaxy S22 Ultra tentu untuk orang-orang yang tertentu yang memang menginginkan performa dari HP ini dan bukan untuk kaum mendang-mending yang masih bandingin harga sana-sini.

5. OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro Pro 5G menjadi salah satu HP dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Khususnya bagi para pecinta dunia fotografi dan videografi.

HP yang bekerjasama dengan Hasselblad pada sektor kameranya ini mampu menciptakan sebuah prosesor khusus untuk prosesing kamera atau sering disebut NPU (Neural Processing Unit), bahkan ini juga didukung dengan teknologi AI (kecerdasan buatan) yang mampu mengatasi masalah pengambilan foto dan video di malam hari.

Pada seri ini, OPPO seolah ingin menunjukkan bahwa dia adalah raja kamera untuk HP 15 jutaan, karena kameranya juga dilengkapi dengan fitur stabilisasi 5 Axis yang setara dengan SLR. Belum lagi kamera depan yang mampu merekam video dengan kualitas 4K.

Jadi disini bisa disimpulkan bahwa HP ini sangat cocok untuk Anda yang hobi membuat konten foto atau video menggunakan perangkat smartphone.

6. Realme GT 2 PRO

Realme GT 2 Pro mengusung tampilan yang sangat berbeda dengan kebanyakan HP Snapdragon 8 Gen 1 lain. Ditangan seorang desainer produk industri, Naoto Fukasawa. HP ini tampil dengan desain yang sangat simple dan unik.

Desain bagian belakang dinamakan dengan paper tech master design, nama ini diambil lantaran bahan utamanya terbuat dari biopolimer bersertifikat ISCC, sehingga HP ini diklaim sebagai HP Flagship premium yang tidak mencemari bumi.

Jadi tidak heran jika Realme GT 2 Pro yang juga dibekali dengan layar AMOLED 2K LTPO 2.0 dengan kecepatan refresh rate yang mampu beradaptasi dari 1Hz-120Hz ini sangat dinanti.

Belum lagi adanya lensa mikro dengan 40x Zoom yang bisa digunakan untuk melihat detail sebuah objek dari jarak yang sangat dekat layaknya menggunakan mikroskop.

Bahkan dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, Realme GT 2 Pro hanya dibanderol dengan harga dibawah 10 juta. Jadi buat kamu yang ingin mencoba performa chipset ini dengan budget tidak lebih dari 10 juta, ini adalah pilihan yang tepat.

7. POCO F4 GT

Dilihat dari desainnya, POCO F4 GT memang diperuntukkan bagi para gamers mobile dengan corak bodi bagian belakang yang seolah berkata bahwa kamu harus menggunakan HP ini secara landscape.

Pada kenyataannya memang seperti itu, ini terbukti dengan hardware yang sangat mutakhir saat ini. Mulai dari chipset Snapdragon 8 Gen 1, pilihan varian RAM 8GB dan 12GB, GPU Adreno, hingga teknologi pendingin yang diberi nama Liquid Cool Technology 3.0 ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan kinerja maksimal pada saat bermain game.

Bahkan POCO F4 GT juga memberikan lampu RGB pada bagian tepi kamera yang diberi nama “faktor-X” semata-mata untuk memenuhi kepuasan para gamers yang identik dengan lampu RGB. Lampu ini akan menyala saat kamu mengaktifkan mode turbo game, sekaligus menjadi lampu indikator notifikasi.

POCO F4 GT juga memiliki tombol magnetik pop-up trigger layaknya pada stik controller game yang fungsinya bisa kamu sesuaikan, seperti untuk menembak pada game FPS atau yang lainnya.

Bagaimana? Sudah terbuktikan kalau HP yang juga memiliki fitur HyperCharge 120W ini memang ditujukan bagi para gamers?

Jadi bagi kamu yang ngaku gamers mobile sejati, harusnya kamu memilih HP ini dibanding jajaran HP lain yang ada di list ini.

8. Xiaomi 12

Jika membicarakan masalah spek, untuk ukuran HP Flagship bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 hampir bisa dipastikan semuanya memiliki kinerja yang memang sudah maksimal.

Jadi para produsen ini berlomba mencari poin lain yang bisa diunggulkan dibanding HP lain dikelasnya. Salah satunya Xiaomi.

Xiaomi dengan bangga memperkenalkan Xiaomi 12 yang memiliki desain sangat berbeda dengan kebanyakan HP flagship lainnya. Smartphone ini hadir dengan ukuran layar 6.28 inci saja, sehingga dijuluki dengan flagship mungil atau compact.

Meski relatif kecil, jangan meremehkan performa dari Xiaomi 12. Khususnya untuk sektor kamera. HP ini dilengkapi dengan 50 MP kamera utama dengan OIS IMX766, kamera telemakro 5MP, dan kamera ultra-wide 13MP.

Pada bagian kamera tersebut juga diberikan fitur menarik seperti fokus pelacakan gerakan, pemotretan objek bergerak, fokus pendeteksian mata, hingga fitur bernama Ultra Night Video yang membuat kualitas video di malam hari menjadi terlihat cerah natural.

Dengan performanya yang gahar, kamera yang menakjubkan, dan beragam teknologi lain, serta desain yang terlihat simple dan elegan ini menjadikan Xiaomi 12 sangat cocok digunakan sebagai daily driver.

Apalagi untuk kaum hawa yang bisa dipastikan tertarik dengan desainnya yang mungil dan pilihan warna purple dan blue yang sangat manis.

9. Xiaomi 12 Pro

Buat kamu yang merasa nanggung dengan Xiaomi 12 atau lebih suka HP yang berukuran lebih besar dan memiliki budget yang cukup, tidak ada salahnya untuk melirik saudaranya yaitu Xiaomi 12 Pro.

Tidak hanya dari dimensinya yang lebih besar, yang namanya Pro pasti memiliki lebih banyak keunggulan lain dibanding dengan versi biasanya.

Kelebihan Xiaomi 12 Pro dibanding dengan Xiaomi 12 biasa hadir di berbagai sektor, mulai dari kameranya yang semakin bagus lagi, fitur fast charging yang lebih kencang dan kinerjanya yang lebih baik.

Jika dilihat dari beragam aspek tersebut, memang layak apabila Xiaomi 12 Pro dijual dengan harga 3 juta lebih mahal dibanding versi yang biasa.

Perangkat ini bisa dibilang sangat cocok untuk orang yang netral (tidak condong ke salah satu aspek) dan lebih mementingkan kinerja smartphone untuk menemaninya berkegiatan sehari-hari.

Mau diajak fotografi atau videografi hasilnya bagus, untuk bermain game juga bisa melibas beragam game Android dengan lancar, atau sekedar untuk menonton film dengan kualitas gambar yang tajam dan audio yang jernih berkat speaker dari harman kardon.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.